Belanja £1 Miliar, Premier League Sah Jadi Liga Termahal

Pemain Manchester City merayakan gol
Sumber :
  • Reuters / Rebecca Naden
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Premier League semakin menancapkan statusnya sebagai liga paling mahal di dunia, setelah mencatatkan rekor pengeluaran dengan total £1 miliar, setara dengan Rp26,1 triliun, dalam bursa transfer satu kalender tahunan.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian
Pada penutupan bursa transfer Premier League hari Selasa, total belanja klub-klub kompetisi kasta tertinggi Inggris mencapai £870 juta, menurut data analisa yang dikeluarkan Deloitte.

Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?
Angka ini naik empat persen dari total 2014 lalu (£835 juta). Rekor tercatatkan kalau angka £870 juta ditambah £130 juta yang keluar pada bursa transfer Januari. Untuk pertama kali, transfer tahunan Premier League mencapai angka £1 miliar.

Menurut manajer senior Deloitte bidang bisnis olahraga, Alex Thorpe, lebih dari setengah pengeluaran tersebut untuk mendatangkan pemain-pemain dari luar Inggris.

"Dengan masuknya 20 klub Premier League ke dalam 40 perusahaan dengan pendapatan terbesar, tak heran klub-klub bersaing untuk mendapatkan bakat internasional," ujar Thorpe pada Reuters.

"Melihat ke seluruh Eropa, keuntungan Premier League dan pengeluaran musim panas ini dua kali lipat dari liga Eropa lainnya. Hal yang pemicu adalah pertumbuhan dan mekanisme distribusi hak siap liga," tambahnya menjelaskan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya