Terungkap, Sosok Misterius di Laga Arsenal Vs Newcastle

Striker Arsenal, Alexis Sanchez
Sumber :
  • Reuters / Andrew Yates

VIVA.co.id - Momen aneh tertangkap kamera di tribun penonton saat Arsenal melawan Newcastle United dalam lanjutan Premier League, akhir pekan lalu. Seorang penonton menyaksikan laga sambil memainkan kontrol video game.

Foto yang tersebar di internet itu mendapat komentar beragam. Ada yang menyebutnya sebagai bagian dari teori konspirasi, di mana sosok itu mengontrol pemain yang sedang berlaga, hingga dugaan fans fanatik video games.

Arsenal Ditimpa Kesialan Jelang Musim 2016/17


Namun, momen aneh itu ternyata memiliki alasan yang lebih logis daripada dugaan orang-orang sebelumnya. Dilansir laman Inggris, Metro, sosok itu adalah pengumpul data statistik pertandingan.

Dan alat yang menyerupai kontrol video game yang dia gunakan adalah bagian dari perangkat teknologi tingkat tinggi untuk mengumpulkan statistik pertandingan yang akan disalurkan ke Opta dan klub-klub Premier League.

MU Dapatkan Pogba, Aktivitas Transfer Arsenal Diolok-olok

Entah seperti apa penggunaan alat itu, namun yang pasti mereka mampu mencatat dengan detail setiap pergerakan seluruh pemain setiap detik saat laga berlangsung.

"Kami mengumpulkan data performa seluruh pemain dan wasit. Terkait kecepatan, jarak tempuh hingga intensitas tinggi permainan," kata Direktur Chyron Hego, David Eccles, seperti dikutip dari Metro, Selasa 1 September 2015.

"Para pekerja pengumpul data kami ada di mana-mana. Hanya saja banyak orang tidak tahu. Kami selalu ada di tiap laga Premier League dan ini alat yang penting, jadi kami tidak merasa aneh menggunakan alat ini."

Sementara itu, sosok pengumpul data yang fotonya tersebar di dunia maya, Ed Syers, tidak mempermasalahkan dirinya menjadi olok-olok publik. Justru dia senang menjalani profesi ini.

"Mungkin ini akan sedikit terlihat aneh bagi publik yang tidak mengetahui apa yang sedang saya kerjakan. Tapi, saya sangat senang, berapa banyak orang bisa bisa bekerja sambil menonton langsung laga Premier League," tuturnya. (one)

Gelandang Arsenal, Jack Wilshere.

Trauma Cedera, Bintang Arsenal Bakal Ubah Gaya Main

Musim lalu, ia menderita cedera parah akibat salahnya sendiri.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016