5 Fakta 'The Next Thierry Henry', Anthony Martial

Anthony Martial
Sumber :
  • REUTERS/Eric Gaillard
VIVA.co.id
Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United
- Anthony Martial tiba-tiba menjadi buah bibir. Namanya mencuat di ujung bursa transfer setelah santer diberitakan gabung dengan Manchester United.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Penyerang AS Monaco tersebut diboyong ke Old Trafford dengan biaya mencapai £36 juta. Di sana, dia akan dikontrak selama 5 musim dengan bayaran £120.000 per pekan.
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?


Publik 'Setan Merah' agak ragu dengan Martial. Pasalnya, dia masih begitu muda dan minim pengalaman tampil di kompetisi level atas. Jangan-jangan manajemen MU hanya buang uang saja mendatangkan pemain yang digadang sebagai Next Thierry Henry itu.

Lepas dari pandangan fans, berikut adalah 5 fakta menarik tentang Martial yang patut diketahui:


1. Minim Gol

Musim lalu, Martial hanya 8 kali menyarangkan bola ke gawang lawan. Dan bila dirata-rata, pemain 19 tahun ini cuma mampu mencetak sebiji gol setiap melakoni empat laga.


Sempat bermain di Liga Champions musim lalu, namun Martial juga tak pernah mencatatkan namanya di papan skor kompetisi paling elite di Eropa tersebut. Sejauh ini, Martial baru 13 kali mencetak gol sepanjang karier profesionalnya.




2. Bikin Monaco Untung Besar
Martial diketahui bergabung dengan Monaco pada Juni 2013 lalu. Kala itu, mereka memboyongnya dari Olympique Lyon dengan harga £3,5 juta.


Kala itu, dia masih bermain di skuad U-16 Prancis. Kebetulan di sana Martial tampil gemilang dengan menyumbang banyak gol.


Nah, jika benar nilai transfer ke MU seperti jumlah di atas, maka dalam hal ini Monaco untung besar. Hanya dalam jangka 2 tahun, mereka bisa meraup untung 10 kali lipat dari Martial.




3. Pemain Masa Depan Prancis
Di level profesional, Martial memang belum menunjukkan tajinya. Tapi, di tim junior, dia membuat publik berdecak kagum.


Martial selalu masuk skuad timnas Prancis di berbagai tingkatan usia, mulai dari U-16, U-17 hingga U-21. Untuk saat ini, Martial dipanggil pelatih Didier Deschamps masuk tim senior. Dia akan melakoni debut saat menghadapi Portugal dan Serbia dalam laga persahabatan.


Saat di tim U-16 Lyon, Martial begitu subur. Turun dalam 21 laga, dia sukses menyumbang 32 gol. Banyak pihak mulai menyetarakan bakat Martial dengan legenda sepakbola Prancis, Thierry Henry.




4. Baru Perpanjang Kontrak
Monaco sepertinya sejak awal telah menyusun taktik untuk mendongkrak harga Martial. Caranya, mereka memberikan kontrak baru sampai 2019 mendatang.


Cara seperti itu biasa digunakan oleh tim-tim untuk memagari atau menaikkan harga pemain bintangnya. Semakin panjang kontrak yang tersisa, maka klub pemilik bisa ngotot mempertahankan pemain atau menekan para peminat untuk menambah nilai tawaran.




5. MU Bukan Peminat Pertama
MU boleh bilang kalau Martial bukan pembelian panik. Mereka bisa juga menyatakan sudah lama mengincarnya. Tapi, fakta yang ada, jauh sebelum menyatakan minat, sudah ada klub lain yang mengambil langkah konkret buat memboyong sang bomber.


Pertama adalah Tottenham Hotspur. Pada Juni lalu, The Lilywhites nyaris menyelesaikan transfer Martial, sayang kesepakatan batal di menit akhir.


Kedua yakni Chelsea. Tim asuhan Jose Mourinho ini sudah mengutus perwakilannya Michael Emanolo untuk mengajukan tawaran. Sayangnya, angka £30 juta yang diberikan langsung ditolak. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya