Beberapa Profesi 'Menyimpang' Pesepakbola Setelah Pensiun

Mantan bintang Bayern Munich Bixente Lizarazu
Sumber :
  • UEFA
VIVA.co.id
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
- Hal yang lumrah jika seorang pesepakbola melanjutkan karir sebagai pelatih, manajer dan berbagai posisi lain yang masih terkait dengan sepakbola setelah mereka menanggalkan sepatu sebagai pemain.

Moyes Sukses Ajak 2 Bek MU Merapat ke Sunderland

Namun, tidak semua dan sebagian memilih bidang berbeda seperti detektif, politisi, akuntan, bahkan cabang olahraga lain seperti tinju dan Ju Jitsu, seperti beberapa yang dirangkum dari Telegraph, Kamis, 27 Agustus 2015.
Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan


Lee Bowyer
, mantan pesepakbola profesional Inggris yang pernah bermain di beberapa klub seperti Leeds, Newcastle, West Ham, Charlton Athletic, Birmingham dan Ipswich, kini menjalankan usaha tambak ikan carp di Prancis.

Ramon Vega
, yang sempat mencicipi kesuksesan sebagai pemain muda di Tottenham Hotspur, sehingga mendapat julukan Serigala White Hart Lane, kini bekerja di industri keuangan dan sukses menghasilkan belasan juta dolar di bidang barunya.


Curtis Woodhouse
, mantan pemain timnas Inggris U-21 ini hanya empat tahun menjadi pesepakbola di Sheffield United, sebelum beralih menjadi petinju profesional pada 2006, dan akhirnya kembali ke dunia sepakbola pada tahun yang sama.


John Chiedozie
, menjalankan bisnis alat permainan anak-anak istana balon, setelah mengakhiri karirnya di sepakbola, termasuk empat tahun di Tottenham Hotspur.


Tim Wiese
, termasuk dalam skuad yang membawa Jerman meraih posisi 3 Piala Dunia 2010. Empat tahun kemudian, dia mengubah perhatiannya ke dunia gulat profesional WWE.


Frank Lebouef
, mantan bintang Chelsea dan Marseille ini menjadi artis, setelah pensiun dari sepakbola. Dia menjadi salah satu nominator Oscar, terkait perannya sebagai dokter dalam film The Theory of Everything.


Roman Pavlyuchenko
, bergabung dengan Spurs pada 2008 dengan biaya transfer £13,7 juta. Setelah kembali ke Rusia, bermain untuk Lokomotiv Moscow, dia memutuskan pensiun dan kini menjadi anggota dewan kota di Stavropol, sebagai politisi dari partai yang sama dengan Vladimir Putin.


Barry Horne
, mantan pemain timnas Wales ini tidak hanya punya kemampuan di sepakbola. Kecerdasannya dapat dilihat dari fakta, jika Horne adalah lulusan terbaik bidang kimia dari Universitas Liverpool. Dia kini menjadi guru kimia pada sebuah sekolah di Chester.


Bixente Lizarazu
, memang terlihat atletis, kuat dan gesit saat masih aktif sebagai pesepakbola. Anda yang baru melepas toga sarjana baru-baru ini, mungkin tidak tahu jika Lizarazu adalah mantan full-back luar biasa di Bordeaux dan Bayern Munich.


Lizarazu adalah salah satu pilar Prancis saat memenangkan Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Dia tetap menjadi atlet setelah pensiun dari sepakbola, memenangkan kejuaraan Ju Jitsu pada 2009, menjadi pakar olahraga beladiri itu hingga saat ini.


Arjan de Zeeuw
, yang pernah bermain sebagai bek di Barnsley, Wigan dan Portsmouth, kini menjadi penyelidik di kepolisian Belanda.


Klas Ingesson
, sebelum kematiannya yang tragis karena kanker, gelandang Sheffield Wednesday dari Swedia, ini menjalani mimpinya sejak kecil setelah pensiun dari sepakbola, yaitu menjadi penebang kayu.


Julian Dicks
, terkenal brutal di lapangan sepakbola, tapi dia memperlihatkan kemurahan hatinya setelah pensiun, dengan mendirikan tempat penampungan anjing-anjing terlantar.


Tomas Brolin
, menjadi pengusaha restoran Italia setelah pensiun, dan berkali-kali didenda karena membiarkan anak-anak di bawah umur meminum alkohol. Dia kemudian beralih ke industri real estate, mendirikan perusahaan vacuum cleaner, kemudian sukses menjadi pemain poker profesional.


Ray Wilson
, adalah pesepakbola yang sukses memberi kemenangan bagi Inggris pada Piala Dunia 1966, menjalankan bisnis jasa pemakaman setelah pensiun.


Carlos Roa
, setahun setelah melakukan penyelamatan gemilang dengan menahan penalti David Batty, mengakibatkan Inggris terdepak dari Piala Dunia 1998, kiper legendaris Argentina ini memutuskan menjadi pengikut Gereja Adven. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya