Arsenal Juara, Wenger Vs Mourinho Kian Membara

Arsene Wenger (kiri) dan Jose Mourinho.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Arsenal sukses meraih gelar juara Community Shield usai mengalahkan Chelsea dengan skor 1-0 di Stadion Wembley, Minggu 2 Agustus 2015. Gol semata wayang The Gunners dicetak oleh Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-24.

Kemenangan ini bisa menjadi titik balik yang baik bagi manajer Arsenal, Arsene Wenger, dalam hal rekor pertemuannya dengan manajer Chelsea, Jose Mourinho. Wenger sukses memutuskan rekor tidak pernah menang atas Mourinho dalam 13 pertemuan terakhir.

Meski kalah, Mourinho tak terpengaruh secara psikologis. Bahkan, dia mengklaim rekornya itu akan tetap abadi. "Apa yang terjadi sebelumnya tidaklah normal, karena itulah saya tidak pernah memperhatikannya," ungkap Mourinho seperti dilansir laman resmi klub.

"Tiga belas pertandingan adalah sebuah keabadian. Itu tidak akan pernah menjadi masalah mengalahkan seseorang dan kehilangan satu sama lain," lanjut manajer berusia 52 tahun itu.

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal



Pertarungan Wenger dan Mourinho Berlanjut di Akhir Laga

Setelah pertandingan, pertarungan antara Wenger dengan Mourinho tak berhenti. Keduanya terlibat perang komentar.

Mourinho yang memulai. Pria asal Portugal itu menyindir taktik Wenger. Dia mengatakan, gelar juara Community Shield diraih oleh tim yang mengadopsi permainan bertahan sepanjang pertandingan.

"Di babak kedua mereka bermain dengan sembilan pemain di depan kotak penalti, dan itu membuat kami tidak mampu mencetak satu gol pun," sindir Mourinho.

Komentar The Special One langsung dibalas oleh Wenger. Pria asal Prancis itu mengungkapkan bahwa permainan bertahan timnya demi menjaga keunggulan.

"Permainan kami didasarkan pada solidaritas, bertahan dan menyerang dengan baik. Kami ingin melindungi keunggulan. Ada kepuasan ekstra karena kami tidak kebobolan melawan tim dengan gaya menyerang seperti Chelsea," tutur Wenger.

Tak Berjabat Tangan, Wenger Vs Mourinho Kian Panas

Tentu hal ini membuat hubungan keduanya kian memanas. Diyakini, perseteruan Wenger dan Mourinho bakal terus berlanjut hingga kompetisi Premier League.

Apalagi setelah keduanya tak berjabat tangan setelah pertandingan. Wenger, diklaim Mourinho, menolak menjabat tangannya.

Usai laga yang dimenangi Arsenal 1-0 itu, Wenger terlihat memilih langsung masuk ke lorong menujui kamar ganti ketimbang menghampiri Mourinho yang masih berdiri di pinggir lapangan. Wenger juga menghindari Mourinho ketika penyerahan trofi dan medali.

"Jika seseorang tidak mendatangi saya (untuk berjabat tangan usai laga), itu bukan masalah. Bukan sebuah berita dan akhir dari dunia," cetus Mourinho.

Namun, banyak yang menganggap bahwa eks pelatih Madrid itu juga berusaha menghindar untuk berjabat tangan dengan Wenger. Anggapan itu langsung ditanggapi oleh The Special One.

"Apakah saya tidak mau menjabat tangannya? Saya tidak perlu menjawab pertanyaan itu. Anda bisa melihat dari gambar dan rekaman video yang ada. Jadi bukan sesuatu yang adil melontarkan pertanyaan ini kepada saya," ujarnya.

Fakta-fakta Menarik Usai Arsenal Kalahkan Chelsea di Community Shield 2015:

1.  Arsenal tidak pernah mencetak gol ke gawang tim yang dibesut Jose Mourinho sejak 2007. Gilberto Silva adalah pemain Arsenal terakhir yang mencetak gol ke gawang Chelsea yang diasuh Mourinho, yakni pada 2007.

2. Satu-satunya gol yang dicetak oleh Alex Oxlade-Chamberlain, adalah gol pertama Arsenal dalam 506 menit laga kontra Chelsea.

3. Arsene Wenger membutuhkan 14 kali pertandingan untuk bisa menaklukkan Jose Mourinho. Sebelumnya, ia tidak pernah menang dalam 13 pertemuan terakhir kontra Mourinho (6 imbang dan 7 kali kalah).

4. Arsenal meraih lima kemenangan secara beruntun di Stadion Wembley dimana empat diantaranya berujung gelar juara. Ini merupakan pertama kalinya Arsenal mencatatkan rekor tersebut dalam 128 tahun sejarah klub.

5. 50 persen tim yang juara Community Shield akan keluar sebagai juara Premier League. Selain itu, 70 persen dari tim yang berhasil juara pada ajang ini juga biasanya akan finis di atas tim yang dikalahkannya.

6. Sukses di Community Shield tahun ini memberikan tantangan baru buat Arsenal. Mereka kini berpeluang menyamai rekor 80 tahun lalu (1934--1935) dimana mereka sukses mengawinkan gelar Community Shield dengan trofi Liga Primer Inggris.

7. Chelsea menelan lima kekalahan dalam tujuh penampilannya di ajang Community Shield. Kekalahan itu terjadi pada tahun 2006, 2007, 2010, 2012 dan 2015. Sedangkan dua kemenangan yang mereka raih terjadi pada 2005 dan 2009.

8. Pemain Arsenal, Theo Walcott, hanya dua kali memberikan umpan di babak pertama. Salah satu dari umpannya tersebut berhasil diakhiri menjadi gol.

9. Tiga pertemuan terakhir Arsenal dan Chelsea di tempat yang netral semuanya berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk kemenangan The Blues. Dan kali ini, The Gunners berhasil mematahkan tren buruk tersebut.

10. Setelah menunggu selama lima tahun, akhirnya Arsenal bisa mencetak gol lebih dulu ke gawang Chelsea. Terakhir kali mereka melakukan hal tersebut pada 28 Desember 2010 lalu. Saat itu Alex Song yang berhasil mengoyak gawang The Blues.

Bintang Arsenal Desak Wenger Fokus Cari Bek
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Dikalahkan Fenerbahce, Mourinho Kecewa dengan Permainan MU

Mourinho sebut permainan MU seperti di laga persahabatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016