UEFA Akui Manipulasi Video Tangis Fans Jerman

suporter jerman menangis
Sumber :
  • REUTERS/Fabrizio Bensch

VIVAbola - Piala Eropa 2012 telah berakhir, namun masih ada kisah mengenai kejuaraan yang berlangsung di Polandia dan Ukraina. Ini mengenai 'air mata palsu' dalam laga semifinal antara Jerman melawan Italia.

Pimpinan 2 televisi Jerman, ARD dan ZDF, tidak terima dengan tindakan UEFA yang memanipulasi gambar dalam laga tersebut. Usai laga tersebut tampak seorang fans wanita Jerman, menangis setelah gol kedua yang dicetak Mario Balotelli.

Wanita yang kemudian diidentifikasi bernama Andrea dari Dusseldorf itu seolah-olah merasa sedih karena Jerman sudah tertinggal 2 gol. Padahal Andrea menangis 40 menit sebelumnya, saat lagu kebangsaan Jerman dinyanyikan.

"Kejadian ini sama sekali tak bisa diterima. Karena di sini seolah-olah menunjukkan pada pemirsa bahwa wanita yang menangis karena gol Italia. Tak diragukan lagi ini manipulasi," tulis kepala olahraga ZDF, Dieter Gruschwitz dalam sebuah surat ke UEFA seperti dilansir Guardian.

UEFA sendiri justru menanggapi dengan santai protes ini. UEFA mengakui telah memanipulasi rekaman. Namun hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan dampak emosional dalam pertandingan kepada fans, untuk menunjukkan kisah manusia dalam pertandingan dan untuk menerjemahkan emosi dan ketegangan dari fans Jerman.

Pemimpin ARD, Jörg Schönenborn masih belum terima dengan kasus ini. "Kami tak percaya dan terganggu. Diskusi ini belum berakhir," tegas Schönenborn.

Rupanya bukan kali ini saja UEFA melakukan manipulasi video. Sebelumnya dalam laga Jerman melawan Belanda, pelatih Jerman Joachim Loew terlihat mengganggu ball-boy pada saat pertandingan babak pertama. Hal tersebut sedikit aneh karena situasi sedemikian tegang.

Ternyata kejadian itu sebenarnya terjadi sebelum kick-off. UEFA menjelaskan tidak bermaksud menipu penonton. Sebelum klip tersebut terdapat jendela replay, yang menunjukkan tayangan ini tidak langsung. (umi)

Italia Jadi Korban Keganasan Jerman
Para pemain Jerman rayakan gol ke gawang Italia

Hasil Lengkap Laga Sepakbola Internasional Tadi Malam

Salah satunya, Jerman pesta gol lawan Italia.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2016