5 Pemain Terpanas Usai Piala Eropa 2012

Federico Balzaretti
Sumber :
  • REUTERS/Tony Gentile

VIVAbola - Klub-klub Eropa diyakini akan mulai berburu pemain menyusul berakhirnya Piala Eropa 2012. Berikut ini adalah lima pemain yang diyakini akan menjadi rebutan klub-klub Eropa setelah tampil impresif di Ukraina-Polandia.

Joao Moutinho (Portugal)

Nyawa permainan lini tengah Portugal di Piala Eropa 2012. Gelandang FC Porto itu memiliki umpan akurat dan bagus dalam membangun serangan. Moutinho menciptakan dua assist di Piala Eropa 2012, salah satunya dinikmati Cristiano Ronaldo ketika mengalahkan Republik Ceko di babak perempat final. Sayang, Moutinho gagal mengeksekusi penalti saat adu penalti melawan Portugal di semifinal.

Belakangan Moutinho dihubungkan dengan Tottenham Hotspur menyusul rencana kedatangan mantan pelatihnya di Porto, Andre Villas-Boas. Namun, gelandang 25 tahun itu juga sudah diminati Manchester United sejak lama. Moutinho diyakini berharga £30 juta (setara Rp441 miliar).

Federico Balzaretti (Italia)


Dicoretnya Domenico Criscito karena skandal pengaturan skor menjadi berkah tersendiri buat Balzaretti. Bek serba bisa Palermo itu menjadi andalan pelatih Cesare Prandelli dan tampil impresif ketika melawan Republik Irlandia, Inggris dan Jerman di babak semifinal. Bahkan mantan bek Juventus itu masuk daftar team of tournament Piala Eropa 2012.

Sejumlah klub dikabarkan sudah berusaha mendapatkan bek berambut panjang tersebut. Balzaretti diminati AC Milan dan Napoli, sedangkan di luar Italia ada Paris Saint Germain.

Mathieu Debuchy (Prancis)


Dia menjadi pemain bertahan Prancis paling impresif di Piala Eropa 2012. Permainan tidak kenal lelahnya dalam membantu serangan dan bertahan di sisi kanan Les Blues, membuat sejumlah klub raksasa Eropa berambisi mendapatkan bek 26 tahun tersebut.

Newcastle United merupakan klub yang memantau perkembangan Debuchy sejak lama. Namun, The Magpies kini harus bersaing dengan Chelsea dan Inter Milan yang dikabarkan siap merekrut pemain Lille tersebut. Pelatih Lille, Rudi Garcia, juga telah menegaskan Debuchy ingin meninggalkan klub.

Alan Dzagoev (Rusia)


Dia menjadi salah satu pemain yang berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2012. Dzagoev mencetak tiga gol dari dua laga awal bersama Rusia. Meski akhirnya gagal menembus babak grup setelah kalah 0-1 dari Yunani, Dzagoev tetap menjadi salah satu properti terpanas dari Piala Eropa 2012.

Kontrak gelandang serang 22 tahun itu bersama CSKA Moskow akan berakhir Desember 2012 mendatang. Tottenham Hotspur sudah menyatakan minatnya. Arsenal juga siap meminang Dzagoev sebagai pengganti Andreo Arshavin. Dzagoev diyakini punya harga lebih dari £10 juta (setara Rp147 miliar).

Mats Hummels (Jerman)


Tampil impresif pada debutnya di kejuaraan bergengsi. Bek 23 tahun itu membuat para penyerang lawan seperti Cristiano Ronaldo, Arjen Robben dan Nicklas Bendtner tidak berkutik melawan Jerman di babak grup. Praktis Hummels hanya melakukan satu kesalahan di Piala Eropa 2012, yakni ketika gagal mengawal Antonio Cassano yang mencetak gol pertama Italia di babak semifinal.

Juventus dikabarkan siap merekrut bek Borussia Dortmund tersebut, namun belakangan dibantah oleh Hummels. Pemain yang mengikat kontrak dengan Dortmund hingga 2017 itu juga diminati Barcelona serta Manchester United.

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan
Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016