Torres-Mata Masuk Daftar 10 Pemain Elit Eropa

Juan Mata dan Fernando Torres
Sumber :
  • Sky Sports

VIVAbola – Fernando Torres dan Juan Mata masuk dalam daftar pemain pilihan di Eropa. Keduanya berhasil mempersembahkan trofi juara bagi tim nasional dan klub di tahun yang sama.

Torres dan Mata turut mengantar Chelsea menjuarai Liga Champions 2011-12 setelah mengalahkan Bayern Munich lewat adu penalti, pada 19 Mei lalu. Bersama Timnas Spanyol, keduanya baru saja merengkuh gelar juara Piala Eropa 2012.

Pada pertandingan final, Minggu 1 Juli 2012 atau Senin dini hari waktu Indonesia, Spanyol membungkam Italia 4-0 di Olympic Stadium Kiev, Ukraina. Setelah David Silva (14’) dan Jordi Alba (41’), Torres dan Mata melengkapi kemenangan Tim Matador berkat gol di menit 84 dan 88.

Torehan Torres dan Mata tahun ini menyamai prestasi legenda Spanyol, Luis Suarez. Pada 1964 silam, Suarez mempersembahkan trofi Kejuaraan Eropa setelah meraih gelar juara European Cup bersama Inter Milan.

Catatan tersebut baru terulang 24 tahun kemudian. Adalah para legenda Belanda, Hans van Breukelen, Ronald Koeman, Barry van Aerle, dan Gerald Vaneberg, yang mengalahkan Uni Soviet di final Kejuaraan Eropa 1988. Kala itu, kuartet De Oranje tersebut juga sukses meraih trofi European Cup bersama PSV Eindhoven.

Di saat yang sama, Wim Kieft juga turut mengantar PSV juara. Namun, selama Kejuaraan Eropa 1988, ia hanya menjadi pemanis bangku cadangan Belanda. Selanjutnya, Nicolas Anelka mengukir prestasi serupa bersama Timnas Prancis dan Real Madrid, pada 2000.

Rekan setim Anelka di Madrid dan Prancis, Christian Karembeu, cukup unik menorehkannya di tahun yang sama. Sebab, pria berambut gimbal itu tak sekalipun diturunkan sepanjang European Cup dan Kejuaraan Eropa.

Sementara itu, tercatat juga 10 pemain yang merengkuh gelar juara European Cup dan kalah di final Euro pada tahun yang sama. Mereka adalah Sepp Maier, Hans-Georg Schwarzenberck, Franz Beckenbauer, dan Uli Hoeness (1976, Bayern Munich dan Timnas Jerman Barat), serta Ricardo Carvalho, Nuno Valente, Costinha, Maniche, Deco, dan Paulo Ferreira (2004, FC Porto dan Timnas Portugal).

(Sumber: situs resmi UEFA, eh)

Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea
Eks bos Chelsea Guus Hiddink

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Pemilik baru Inter Milan menginginkan Hiddink jadi bos sementara.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016