Rekor-rekor yang Bisa Dipecahkan Spanyol

Timnas Spanyol usai menang atas Portugal
Sumber :
  • REUTERS/Michael Dalder

VIVAbola - Spanyol akan menghadapi laga krusial melawan Italia pada final Kejuaraan Eropa 2012 di Stadion Olimpiade Kiev, Minggu 1 Juli 2012 waktu setempat (Senin dini hari WIB). Berikut ini sejumlah calon rekor yang bisa dipecahkan La Furia Roja di final.

Spanyol bisa menjadi tim pertama dalam sejarah yang bisa mempertahankan gelar Kejuaraan Eropa. Spanyol juga bisa menjadi tim Eropa pertama yang bisa merebut tiga gelar turnamen bergengsi secara beruntun (setelah Kejuaraan Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010).

Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, bisa menjadi pelatih kedua dalam sejarah yang bisa memenangkan trofi Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa. Pelatih pertama yang mampu melakukannya adalah Helmut Schon yang mengantarkan Jerman Barat menang di Kejuaraan Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974.

Jika Fernando Torres mencetak gol di laga final nanti, maka striker Chelsea itu akan menjadi pemain pertama yang bisa mencetak gol di dua final Kejuaraan Eropa. Pada final Kejuaraan Eropa 2008, striker berjuluk El Nino itu mencetak gol kemenangan 1-0 Spanyol atas Jerman.

Iker Casillas, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Torres, Cesc Fabregas, Santi Cazorla, Xabi Alonso, Sergio Ramos dan David Silva semua tampil di final Kejuaraan Eropa 2008. Belum pernah ada pemain yang tampil di dua final Kejuaraan Eropa dan menang. Mantan pemain Jerman Barat, Rainer Bonhof, menjadi skuad tim yang tidak bermain pada Kejuaraan Eropa 1972 dan 1980. (sj)

Penyesalan Torres Usai Dikartu Merah di Laga Barca-Atletico
Pemain Barcelona, Lionel Messi dan Luis Suarez.

Suarez Akui Barca Terbantu dengan Kartu Merah Torres

Barca menang 2-1 berkat 2 gol SUarez.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2016