Pemilu AS

Obama Unggul Telak Raih 206 Suara

VIVAnews - Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Barack Obama sudah mengantongi 206 suara elektor. Berdasarkan stasiun televisi CNN, sampai pukul 10.00 WIB, Rabu 5 November 2008, Obama sudah unggul jauh dari John McCain yang masih mengumpulkan 89 suara. Dengan demikian, 'Barry' Obama tinggal membutuhkan total 64 electoral vote untuk bisa masuk ke Gedung Putih.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Beberapa negara bagian lain yang sudah diungguli Obama yakni Massachusetts, Connecticut, Illinois, New Jersey, Maine, Maryland. Wisconsin, Michigan, New York, Rhode Island, Minnesota, Pennsylvania, New Hampshire, Vermonta, Delaware, Maine, serta Washington DC.

Sedangkan Kandidat dari Partai Republik McCain juga tercatat unggul di beberapa wilayah. McCain dilaporkan mengungguli Obama di Kentucky, Tennessee, West Virginia, South Carolina, Oklahoma, Wyoming, Alabama dan Arkansas.

Dalam pemilu AS, dukungan yang sah adalah suara dari para elektor atau perantara, bukan suara langsung dari pemilih. Berdasarkan aturan, baik Obama maupun McCain harus membutuhkan minimal 270 suara elektor. Dengan demikian Obama sudah mengumpulkan lebih dari 50 persen dari jumlah minimal, yaitu 270, untuk tampil sebagai presiden baru AS.

Dalam pemilihan anggota parlemen, Demokrat sudah berhasil 52 kursi di senat. Sedangkan Republik baru mencapai 36 kursi. Dengan demikian, Demokrat berhasil menjadi partai mayoritas di senat AS.

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Untuk perolehan kursi Dewan Perwakilan Rakyat, Demokrat sudah mengumpulkan 116 kursi dan Republik 73 kursi.

Ekonomi menjadi isu utama pemilu Amerika Serikta 2008 ini. Berdasarkan survey AP pada para pemilih yang meninggalkan tempat pemungutan suara, enam dari 10 mengatakan demikian, dan tak ada isu utama lain seperti energi, Irak, terorisme dan pelayanan kesehatan, yang dipilih lebih dari satu dalam 10 orang.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya
Bea Cukai gagalkan peredaran kokain cair

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Joint operation Bea Cukai dan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya ungkap dua kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024