Indeks Dow Jones Naik 300 Poin

VIVAnews - Kepercayaan investor bahwa bursa Wall Street reli menjelang akhir tahun akhirnya terjadi pada perdagangan Selasa. Sebab, meski data ekonomi kurang kondusif tapi para investor tetap memburu saham dan berhasil mendorong indeks industri Dow Jones naik 300 poin.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Penutupan tersebut adalah yang tertinggi dalam empat pekan ini. Selain itu, kenaikan itu juga merupakan yang terbesar selama dilangsungkannya pemilihan presiden Amerika Serikat (AS). Sebab, terjadi peningkatan 3,28 persen dan tertinggi 1,2 persen sejak 1984, ketika Ronald Reagen dikalahkan Walter Mondale di hari pemilihan presiden periode 1980.

Seperti dilansir AP, indeks saham Wall Street ditutup meningkat tiga persen pada perdagangan Selasa, 4 Nopember 2008 waktu New York atau Rabu WIB, 5 Nopember 2008.
 
Sejumlah analis mengatakan, pemilihan presiden AS yang mulai digelar menjadi pemicu utama penguatan indeks Dow Jones.

Namun, analis lain berpendapat, antisipasi investor bahwa Wall Street akan reli menjelang penutupan akhir tahun karena bisa lepas dari penjualan saham besar-besaran menjadi faktor pendorong penguatan indesk Dow Jones. "Tadinya saya pesimis bisa melakukan sesuatu dengan adanya pemilihan presiden ini, selain hanya bisa berharap," kata pengamat investasi lepas, Edward Yardeni. 

Namun faktanya, kata dia, Wall Street akhirnya terangkat dari pergerakan yang memperhatinkan di tahun ini dengan adanya pemilihan presiden tersebut. "Jadi ini klasik, karena indeks Dow Jones pada September dan Oktober hampir seluruhnya terkoreksi tapi akhirnya diikuti reli menjelang penutupan akhir tahun," jelasnya.

Pada perdagangan Selasa, Dow Jones akhirnya ditutup menguat 305,45 poin atau 3,28 persen di level 9.625,28. Sedangkan pada perdagangan Oktober 2008, Dow Jones sempat mencapai level 9.955,50.

Sementara itu, indeks saham utama lainnya seperti Standard and Poor 500 naik 39,45 poin (4,08 persen) ke posisi 1.005,75 dan Nasdag Composite Index ditutup meningkat 53,79 poin atau 3,12 persen menjadi 1.780,12. 

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Bursa saham dunia lainnya rata-rata juga ditutup menguat. Indeks Nikkei Jepang menguat 6,27 persen, Hang Seng Index Hong Kong naik 0,28 persen, FTSE 100 Inggris meningkat 4,42 persen, indeks DAX Jerman melonjak 5,00 persen, dan CAC-40 Prancis menguat 4,62 persen.

Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024